2017: #JuveTrip Ep. 1

Throw your dreams into space like a kite, and you do not know what it will bring back, a new life, a new friend, a new love, a new country   

Cerita perjalanan pertama saya ke Turin bersama dengan 3 orang lainnya. Visa, tiket pesawat, penginapan dan tiket pertandingan sudah diatur sebelumnya oleh seorang organizer yang tinggal di Milan. Tiket pesawat sempat ada kendala, namun kami berempat yang baru pertama kali bertemu di Soetta ini tetap berhasil berangkat menuju Italia.

Berangkat pada hari Jumat, 5 Mei 2017, perjalanan pesawat kami tempuh selama 17 jam 40 menit mulai dari Soekarno Hatta sampai mendarat di Malpensa – Milan pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 pukul 07.35 pagi.

Setelah mendarat, kami langsung menuju stasiun Milano Centrale menggunakan bis. Di stasiun tersebut bisa sarapan dahulu dan kemudian naik Trenitalia menuju Torino Porta Nouva (stasiun di Turin).

Trip ini cukup singkat dan padat namun bermakna. Karena setelah tiba pada tanggal 6 Mei, kami akan kembali ke Indonesia tanggal 11 Mei 2017 jam 2 siang.

Minggu pertama bulan Mei di kota Turin, cuacanya sangat menyenangkan. Spring adalah musim favorit saya. Saat itu suhunya antara 10 – 17° Celcius, sehingga cukup mengenakan jaket spring yang tidak terlalu tebal namun kuat menahan terpaan angin.

Selain klub sepak bola Juventus dan pabrik mobil Fiat. Kota Turin juga terkenal dengan makanan, kopi, wine, dan coklat (Nutella asal muasalnya dari Turin lho). Kulineran di kota ini sungguh menyenangkan, saat itu kami sering makan siang pasta dan kebab, makan malam makan pizza, juga menikmati Gianduiotti (Coklat khas Piedmont) dan Gelato tentunya.

Oh iya! Jangan lupa ketika berada di Turin, kunjungi juga tempat-tempat lainnya selain Juventus Stadium. Karena kamu bisa saja kebetulan ketemu dengan bintang idolamu!

Pernah suatu saat ketika sarapan di Cafe Gerla 1927 sambil menikmati chocolate croissant dan minum kopi espresso kami berpapasan dengan Beppe Marotta dan berfoto bersama. Selain itu pernah berbelanja sneakers di toko Space23 milik Ciro Ferrara. Dan paling serunya lagi, sempat nongkrong sambil ngopi bareng Edgar Davids di Costadoro Caffe.

NONTON PERTANDINGAN

The Derby della Mole – Juventus – Torino 6 May 2017 (1 – 1) 

SERIE A

Kunjungan perdana ke Turin sangat memorable dengan adanya Derby Della Mole. Di mana Juventus sudah hampir mendapatkan Scudetto ke 6 kalinya beruntun dengan hanya membutuhkan kemenangan di laga ini.

Derby della Mole memang tidak seterkenal Derby D’Italia, tapi derby ini adalah derby tertua di Italia yang dimulai pada tahun 1907 silam.

Di pertandingan yang berkesudahan 1 – 1 ini Juventus tidak full squad, dalam rangka persiapan Semifinal Leg 2 UCL melawan Monaco 3 hari kemudian. Goal jarak jauh Gonzalo Higuain menyelamatkan Juventus dari kekalahan.

Selfie Pertama dari dalam dari Juventus Stadium

UEFA CHAMPIONS LEAGUE

UEFA Champions League SF Leg 2 : Juventus – AS Monaco 9 May 2017 (2 – 1)

Salah satu pertandingan terbaik Juventus di UCL yang pernah ditonton langsung, Dani Alves menjadi man of the match dengan 1 goal dan 1 assistnya. Mbappe sang raising star yang terus menggoyang pertahanan Juventus dengan kecepatan dan gocekannya. Dan tentu saja misi road to Cardiff yang akhirnya tercapai.

Berikut ini adalah video yang saya ambil dari HP, bayangkan betapa dekatnya kami dengan lapangan hijau Juventus Stadium yang selama ini hanya bisa ditatap rindu lewat layar kaca. Jantung ini rasanya lelah setelah berdebar-debar sepanjang 90 menit pertandingan.

LIVE: Juventus, storia di un grande amore
LIVE: Champions League Anthem
RoadtoCardiff – Juventus 2 –1 Monaco (Madzukic 33′, Alves 44′ – Mbappe 69′)
LIVE: Dani Alves Goal Celebration
Video suasana di luar Juventus Stadium menjelang SF UCL 2017

AROUND TURIN

Persahabatan saya dengan Around Turin dimulai sejak tahun 2015, yaitu setelah Juve Tour 2014 di Indonesia dan Singapore. Saya mulai berniat dan menabung untuk pergi umroh ke Turin. Ketika sedang mencari informasi yang english-based, saya berkenalan dengan Maurizio – Around Turin. Saat itu namanya masih Around Juventus / Around J. Dan kami menjadi sahabat sampai saat ini.

Around Turin is not part of Juventus F.C. – Around Turin is not a Travel Agency or a Tour Operator – Around Turin is the biggest international community of fans. Join the family, meet new friends and enjoy our unforgettable events in Turin!

Pertemuan pertama dengan Maurizio “Around Turin” 2017

TRANSPORTASI

Torino Porta Nouva

Untuk bisa sampai di Turin kamu bisa beli tiket pesawat dengan 2 pilihan yaitu:

  1. Dari Soekarno Hatta ke Milan Malpensa airport (sampai di kota Milan). Kemudian ada pilihan transportasi :

2. Dari Soekarno Hatta ke Turin – Caselle airport (sampai di kota Turin). Lanjut naik bis ke City Center.

Stasiun utama di pusat kota Turin adalah Torino Porta Susa dan Porta Nouva. Jangan lupa selalu ingat / catat nama stasiun terdekat dengan hotelmu.

Tiket Pertandingan, bisa dibaca di sini

Informasi lebih lanjut soal Turin, di sini

July 2017, Juventus merubah logonya. Sehingga Trip ini adalah trip pertama dan terakhir dengan logo Juventus periode 2004 – 2017.

Editor : Atika Wirautami, Amore Mio!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: